- Mata Kuliah : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Kode Mata Kuliah : MKK 400
SKS/JS : 3sks/ 3js
Program : S-1 Pendidikan Geografi FMIPA-UM Malang
---------------------------------------------------------------------
Dosen Pembina : Prof. Dr. Ach. Fatchan, MPd, MSi
STANDAR KOMPETENSI
Memahami konsep dasar belajar dan pembelajaran serta perancangan dan mengkritisi perangkat pembelajaran khususnya bidang studi geografi di sekolah.
KOPETENSI DASAR
Mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa dalam belajar dan pembelajaran, khususnya di bidang studi geografi, dengan membahas secara khusus tentang konsep serta penerapan belajar dan pembelajaran, permasalahan teoritis dan praktik belajar-pembelajaran di lapangan (sekolah), serta berbagai metode dan media. Topik pembahasan meliputi: konsep belajar dan pembelajaran, karakter peserta didik, karakter materi pelajaran geografi, metode dan strategi pembelajaran, berbagai metode serta alat peraga dan media pembelajaran, mengkritisi komponen perangkat/ rancangan pembelajaran di bidang studi geografi.
TUJUAN
Peserta didik mengerti dan memahami tentang konsep belajar serta perancangan pembelajaran khususnya di bidang geografi, permasalahan teoritis dan praktek belajar dan pembelajaran di lapangan (sekolah). Topik pembahasan meliputi: konsep belajar dan pembelajaran, karakter peserta didik, karakter materi pelajaran geografi, metode dan strategi pembelajaran, berbagai metode serta alat peraga dan media pembelajaran, mengkritisi komponen perangkat/ rancangan pembelajaran di bidang studi geografi.
ISI MATERI/POKOK BAHASAN:
Konsep belajar dan pembelajaran kaitannya dengan bidang studi/materi pelajaran geografi
1) Konsep belajar dan pembelajaran, khususnya kaitannya dengan bidang studi/materi pelajaran geografi
2) Karakter atau ciri-ciri khusus peserta didik di sekolah formal SLTP dan SLTA, khususnya terkait dengan tingkatan umur peserta didik
3) Karakter atau ciri-ciri khusus materi pelajaran geografi di dalam kurikulum SLTP dan SLTA
4) Berbagai Metode dan strategi pembelajaran bidang studi geografi
5) Berbagai Alat peraga dan media pembelajaran bidang studi geografi
6) Membuat, mendiskusikan, dan mengkritisi komponen perangkat/ rancangan pembela-jaran yang sejalan dengan ciri khas bidang studi geografi
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran dilakukan dengan teknik/metode: ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok, tugas/tes individu, diskusi, kerja kelompok, mengkritisi komponen perangkat pembelajaran, dan diskusi di dalam kelas. Presentasi di dalam kelas dengan menggunakan ceramah dan tanya-jawab yang difasilitatori oleh Dosen. Strategi pembelajaran ini digunakan sebagai penghantar pemahaman mahasiswa terhadap materi, konsep dasar, berbagai isu praktik pendidikan, dan pengajaran bidang studi geografi. Selanjutnya, dilakukan tugas secara terstruktur dan berkala dalam merancang dan mendiskusikan komponen perangkat pembelajaran yang berdasarkan atas teori belajar-pembelajaran
1. Presentasi Dalam Kelas
Presentasi di dalam kelas berupa penyampaian materi dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Presentasi diawali dengan penyampaian garis besar beberapa materi yang kompeten atau dianggap penting dengan menggunakan alat bantu visual atau audiovisual. Selanjutnya, diselingi dan atau diteruskan dengan penggunaan teknik tanya-jawab secara klasikal, sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi dua arah antara fasiltator, presenter, dan peserta didik.
2. Diskusi dan Kerja Kelompok
Satu topik dibuatkan suatu tulisan/naskah yang terkait dengan komponen "RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran)" oleh seorang/sekelompok mahasiswa. Panjang naskah kurang lebih sebanyak 5-15 halaman, sumber kajian pustaka (kurikulum/buku teks/jurnal/skripsi/dan atau hasil penelitian lainnya) harus disebutkan. Tulisan karya ilmiah tersebut disusun atas dasar kaidah penulisah RPP (lihat pedoman penulisan RPP dari Kurikulum 2007) yang sejalan dengan ciri peserta didik. Hasilnya dipresentasikandan didiskusikan di depan kelas pada setiap kali pertemuan, selanjutnya dipertahankan dan dipertanggungjawabkan oleh pembuat perangkat tersebut. Literatur yang dipakai sebagai sumber pembuatan naskah bebas, dalam arti boleh menggunakan kurikulum/buku teks/jurnal/skripsi/hasil penelitian dari siapa atau lembaga apa saja.
EVALUASI
Evaluasi hasil belajar dilakukan secara on going process, meliputi pengamatan dan penilaian semua aktivitas dan hasil karya mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Berbagai aktivitas dan hasil karya itu meliputi: aktivitas tanya-jawab, aktivitas diskusi dan kerja kelompok, laporan tugas individu yang diberikan secara insidental (minimal tiga kali dalam satu semester), laporan tugas, hasil tulisan karya ilmiah/RPP yang dipresentasikan, dan hasil pembuatan karya ilmiah/RPP individu hasil eview yang dikumpulkan pada waktu akhir perkuliahan.
PERTEMUAN/PELAKSANAAN PERKULIAHAN
1 Konsep belajar dan pembelajaran kaitannya dengan bidang studi/materi pelajaran geografi
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-dan atau Tanya-Jawab
-Aktivitas tanya jawab mahasiswa
-Tugas individu
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
2 Karakter atau ciri-ciri khusus peserta didik di sekolah formal SLTP dan SLTA, khususnya terkait dengan tingkatan umur peserta didik
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-dan/atau Tanya-Jawab
Aktivitas tanya jawab mahasiswa
-Tugas individu
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
-Kurikulum 2007
3 Karakter atau ciri-ciri khusus materi pelajaran geografi di dalam kurikulum SLTP dan SLTA
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-dan/atau Tanya-Jawab
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
-Kurikulum 2007
4.Jenis-jenis komunikasi dan interkasi dalam proses pembelajaran di sekolah
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-dan/atau Tanya-Jawab
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
-Kurikulum 2007
5.Strategi dan Metode pembelajaran
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-dan/atau Tanya-Jawab
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
6.Alat peraga dan media pembelajaran
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
7.Midle test
Test essay/ tugas individual
Skor/nilai dari tes/tugas
8.Membuat dan mendiskusikan komponen rancangan pembelajaran (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar)
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
9. Membuat dan mendiskusikan komponen rancangan pembelajaran
(Tujuan Pembelajaran)
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
10. Membuat dan mendiskusikan komponen rancangan pembelajaran (Pengembangan Materi Pembelajaran)
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
11.Pembelajaran Metode ceramah dan Tanya Jawab
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
12.Pembelajaran Metode tugas Kelompok dan Individual
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
13. Pembelajaran Metode Diskusi dan Kerja Kelompok
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
14. Pembelajaran Metode Praktik di Laboraturium
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
15. Pembelajaran Metode Praktik kunjungan Lapangan/ Masyarakat
-Tugas Kelompok mengkritisi komponen yang ada RPP/makalah (home work)
-Presentasi/mengajar
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Berbagai buku dan pustaka yang relevan
16. Final test
Pengumpulan tugas akhir individu
Mutu tugas
DAFTAR BACAAN
Dimyati dan Mudjiono, 1994, Belajar dan Pembelajaran, Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti, Jakarta.
Fatchan, Ach, 1997, Pendekatan Andragogik Untuk Training Calon Instruktur Guru Geografi di SMA, PPPG IPS-PMPKn Malang, Malang.
Gage, N.L and David C. Berliner, 1985, Educational Psychology, Gulf Publising Company, New York.
Kunkel, John H, 1975, Behavior, Social Problems, and Change: A Social Learning Approach, Prentice Hall, Inc, New York
Mc Crown, R.R, and Peter Roop, 1989, Educational Psychology and Classrom Practice: A Partnership, Allyn and Bacon, Boston.
Staton, F.T, 1978, Cara Mengajar dengan Hasil yang Baik, alih bahasa JF. Tahalele, Diponegoro, Bandung.
Toffler, Alvine, (Editor), 1974, Learning for Tomorrow, Vintage Book, New York, Unitade State of America.
Ullich, Robert, 1971, Phylosophy of Education, American Book Company, New York, Unitade State of America
Malang, Januari 2008
Dosen Pembina Matakuliah
Prof. Dr. Ach. Fatchan, MPd, MSi
Fatchan/Pengantar Pendkkan-geo/2008.
Kamis, 08 Oktober 2009
SAP.Landasan Pendidikan dan Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar