Kamis, 08 Oktober 2009

SAP Metod Kualitatif

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEMESTER GANJIL

Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Kualitatif
Sandi MK : MKU.501
JS/SKS : 2/2
Semester : 1 (satu)
Prasyarat : --
Dosen Pembina : Prof. Dr. A. Fatchan, M.Pd, M.Si
------------------------------------------------------------------------

STANDAR KOMPETENSI
Memahami prinsip dan prosedur penelitian alamiah (kualitatif) sebagai pengantar dalam membuat tulisan karya ilmiah berupa tesis.

KOPETENSI DASAR
Mendeskripsikan dan memahami (understanding) tentang prinsip dan prosedur penelitian alamiah sebagai pengantar dalam penulisan tesis dengan pendekatan penelitian kulitatif, yang mengarah pada topik pembahasan pemilihan dan perumusan masalah, paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, penelusuran perpustakaan, perumusan fokus dan lokus penelitian, metode penelitian, analisis data penelitian, jenis-jenis penelitian kualitatif, penyusunan usulan penelitian, serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian kualitatif untuk tesis.

TUJUAN
Peserta didik mengerti dan memahami tentang tentang prinsip dan prosedur penelitian alamiah (kualitatif) sebagai pengantar dalam penulisan tesis, yang mengarah pada topik pembahasan pemilihan dan perumusan masalah, paradigma penelitian kuantitatif dan kualitatif, penelusuran perpustakaan, perumusan fokus dan lokus penelitian, metode penelitian, analisis data penelitian, jenis-jenis penelitian kualitatif, penyusunan usulan penelitian kalitatif, serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian kualtatif untuk tesis.


1. Konsep ”ilmiah” dan ”alamiah” dalam pandangan paradigma kuantitatif dan kualitatif
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
Aktivitas tanya jawab mahasiswa
Azevedo, Jane, 1997
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Dimyati, Mohamad, 2000
Fatchan, Ach, 1996
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994


2. Paradigma penelitian kualitatif, penelitian tindakan, dan penelitian kuantitatif, serta paradigma ganda dalam penelitian ilmu sosial
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
Aktivitas tanya jawab mahasiswa
Azevedo, Jane, 1997
Bogdan, C Robert &
Dimyati, Mohamad, 2000
Fatchan, Ach, 1996
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994
Ritzer, 1992


3. Masalah, latarbelakang masalah, dan pengukurannya
-Tugas Kelompok @ 3 orang/kelompok (mem-buat makalah home work)
-Presentasi Kelompok
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Fatchan, Ach, 1996
Huberman, A. Michael, dan Miles, Matthew B. 1994


4. Rumusan masalah, tujuan penelitian, dan difinisi/batasan konsep
-Tugas Kelompok @ 3 orang/kelompok (mem-buat makalah home work)
-Presentasi Kelompok
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
-Tugas individu
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Dimyati, Mohamad, 2000
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Sparringa, Daniel, 2000
Universitas Negeri MALANG, 2000


5. Kerangka konsep, tradisi teori yang melatarbelakangi, dan fokus penelitian
-Tugas Kelompok @ 3 orang/kelompok (mem-buat makalah home work)
-Presentasi Kelompok
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Berger, Peter L dan Thomas Luckman, 1967
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Dimyati, Mohamad, 2000
Fatchan, Ach, 1996
Lofland, J and Lyn H Lofland, 1984
Ritzer, George, 1992
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Sparringa, Daniel, 2000


6. Kajian pustaka dan kajian hasil penelitian terdahulu

-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
-Tugas individu

-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Huberman, A. Michael, dan Miles,
Sparringa, Daniel, 2000
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Universitas Negeri MALANG, 2000


7. Midle test
Test essay/ tugas individual
Skor/nilai dari tes/tugas


8. Komponen dan aplikasi metode penelitian dalam merancang penelitian kualitatif
-Tugas Kelompok @ 3 orang/kelompok (mem-buat makalah home work)
-Presentasi Kelompok
-Diskusi Kelas
-Tanya Jawab
-Refleksi
-Aktivitas tanya jawab
-mutu makalah
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Faisal, Sanafiah, 1996
Fatchan, Ach, 1996
Glaser, Barney G and Anselm L. Strauss, 1980
Universitas Negeri MALANG, 2000


9. Teknik analisis data dalam penelitian kualtatif
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Faisal, Sanafiah, 1996
Fatchan, Ach, 1996
Huberman, A. Michael, dan Miles, Matthew B. 1994
Kirk, Jerome and Marcc L. Miller, 1986


10. Pengukuran data pengecekan keabsahan data
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Fatchan, Ach, 1996
Kirk, Jerome and Marcc L. Miller, 1986
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997


11. Midle test

Test essay/ tugas individual
Skor/nilai dari tes/tugas

--

12. Komponen usulan dan laporan penelitian
-Ceramah/Informasi dg power point
-Diskusi Kelas
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya jawab
-Tugas individu
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994
Faisal, Sanafiah, 1996
Fatchan, Ach, 1996
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Universitas Negeri MALANG, 2000


13. Pembuatan proposal penelitian
-Presentasi individu
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya-jwb
-Mutu proposal
Faisal, Sanafiah, 1996
Fatchan, Ach, 1996
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Universitas Negeri MALANG, 2000

14. Pembuatan proposal penelitian
-Presentasi individu
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya-jwb
-Mutu proposal
Faisal, Sanafiah, 1996
Fatchan, Ach, 1996
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Universitas Negeri MALANG, 2000

15. Pembuatan proposal penelitian
-Presentasi individu
-Tanya-Jawab
-Tugas individu
-Aktivitas tanya-jwb
-Mutu proposal
Faisal, Sanafiah, 1996
Fatchan, Ach, 1996
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997
Universitas Negeri MALANG, 2000

16. Final test/pengumpulan proposal penelitian kualitatif
Pengumpulan proposal tesis

Mutu proposal

--


STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran dilakukan dengan teknik/metode: ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok, tugas/tes individu, presentasi dan diskusi di dalam kelas secara kelompok. Presentasi di dalam kelas dengan menggunakan ceramah dan tanya-jawab yang difasilitatori oleh Dosen. Strategi pembelajaran ini digunakan sebagai penghantar pemahaman siswa terhadap materi, konsep dasar, dan berbagai issu penelitian kualitatif.

Presentasi Dalam Kelas (Ceramah dan Diskusi Kelas)
Presentasi di dalam kelas berupa penyampaian materi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Presentasi diawali dengan penyampaian garis besar beberapa materi yang kompeten atau dianggap penting dengan menggunakan alat batu visual atau audiovisual. Selanjutnya, diselingi dan atau diteruskan dengan penggunaan teknik tanya-jawab secara klasikal, sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi dua arah antara fasiltator dan peserta didik.

Materi Diskusi Kelompok
----------------------------------------------------------------------------------------
Nomer Kelompok Topik Diskusi
-----------------------------------------------------------------------------------------
1. I Masalah dan latarbelakang masalah
2. II fokus penelitian serta pengukurannya
3. III Merumuskan masalah, tujuan penelitian,
dan difinisi konsep
4. IV Kerangka teoritik dan tradisi teori yang mendasari penelitian
5. V Rancangan/Metode penelitian dan komponennya
-------------------------------------------------------------------------------------------
Satu topik dibuatkan suatu tulisan/naskah "karya ilmiah" oleh sekelompok mahasiswa. Setiap kelompok 2 orang atau lebih. Panjang naskah kurang lebih sebanyak 10-15 halaman, sumber kajian pustaka (buku teks/jurnal/skripsi/hasil penelitian lainnya) harus disebutkan. Tulisan karya ilmiah tersebut disusun atas dasar kaidah penulisah karya ilmiah pada umumnya (lihat pedoman penulisan karya ilmiah/skripsi/tesis/desertasi yang dikelurakan oleh UM-Malang). Hasilnya didiskusikan di depan kelas pada setiap kali pertemuan yang dipertahankan dan dipertanggungjawabkan oleh semua anggota kelompok. Setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua yang dipilih sendiri oleh mahasiswa ybs. Literatur yang dipakai sebagai sumber pembuatan naskah"karya ilmiah" bebas, dalam arti boleh menggunakan bukunya siapa saja.

EVALUASI
Evaluasi hasil belajar dilakukan secara on going process, meliputi pengamatan dan penelitain semua aktivitas dan hasil karya mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Berbagai aktivitas dan hasil karya itu meliputi: aktivitas tanya-jawab, aktivitas diskusi kelompok, laporan tugas individu yang diberikan secara insidental (minimal tiga kali dalam satu semester), laporan tugas kelompok, hasil tulisan karya ilmiah kelompok, dan hasil pembuatan proposal penelitian kualitatif secara individu pada waktu akhir perkuliahan.



DAFTAR BACAAN

Azevedo, Jane, 1997, Mapping Reality; An Evolutionary Realist Methodology for The Natuaral and Social Sciences, State University of New York Press, New York.
Berger, Peter L dan Thomas Luckman, 1967, The Social Contruction of Reality; A Treatise in The Sociology of Knowledge, Doubleday & Co Inc, Garden City, New York.
Bogdan, C Robert & Tailors K. B, 1992, Qualitative Research for Education; An Introductionto Theory and Methods, Allyn and Bacon Inc, Boston.
Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna.S. 1994. Introduction: Entering the Field of Qualitative Research, dalam Handbook of Qualitative Research. Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (Ed.). Thousand Oaks: Sage.
Dimyati, Mohamad, 2000, Penelitian Kualitatif; Paradigma, Epistimo-logi, Pendekatan, Metode dan Terapan, Progrma Pascasarajana Universitas Negeri Malang (UM), Malang.
Faisal, Sanafiah, 1996, Pengumpulan dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif, Usaha Nasional, Surabaya.
Fatchan, Ach, 1996, Teknik Pembuatan Proposal Dalam Penelitian Kualitatif, FPIPS IKIP MALANG, Malang.
Glaser, Barney G and Anselm L. Strauss, 1980, The Discovery of Grounded Theory, Aldine Publishing Co, New York.
Huberman, A. Michael, dan Miles, Matthew B. 1994. "Data Management and Ana­lysis Methods," dalam Handbook of Qualitative Research. Norman K, Denzin dan Yvonna S. Lincoln (Ed.). Thousand Oaks: Sage.
Kirk, Jerome and Marcc L. Miller, 1986, Reliability and Validity in Qualitative Research, Sage Publication, Beverly Hills.
Lincoln, Ivonna S and Egon G Guba, 1994, Naturalistic Inquiry, Sage Publication Inc, London-New Delhi.
Lofland, J and Lyn H Lofland, 1984, Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis, Wadsworth Publishing Co, Belmont.
Moleong, Lexy J, 1989, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Karya CV, Bandung.
Ritzer, George, 1992, Sociology: A Multiple Paradigm Science, alih bahasa Alimanda, Rajawali Press, Jakarta.
Sparringa, Daniel, 2000, Kumpulan Bahan Mata Ajaran: Metode Penelitian Kualitatif, Fisip Unair, Surabaya.
Strauss, Anselm and Juliet Corbin, 1997, Basic of Qualitative Research; Grounded Theory Procedure and techniques, alih bahasa Djunaidi Ghony, Bina Ilmu, Surabaya.
Universitas Negeri MALANG, 2000, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Edisi Ketiga, UM MALANG, Malang.
Tesis dan Desertasi yang relevan
Jurnal Ilmiah yang relevan



Malang, Januari 2009
Dosen Pembina Matakuliah

Tidak ada komentar: