Kamis, 08 Oktober 2009

SAP. Sosiologi (S-1)

SILABI DAN MATERI SOSIOLOGI
Mata Kuliah : Sosiologi
JS/SKS : 2/2
Dosen Pembina : Prof. Dr. H. A. Fatchan, M.Pd, M.Si
----------------------------------------------------------------

KOPETENSI DASAR YANG INGIN DICAPAI
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami (understanding) tentang sejarah dan konsep dasar sosiologi, sosiologi mikro dan meso serta makro, sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, individu dan masyarakat, kelompok sosial, stratifikasi sosial, lembaga sosial, sistem sosial, proses sosial, perubahan sosial, kebudayaan dalam kajian sosial, pembangunan dan modernisasi, paradigma ganda dalam ilmu sosiologi, dan metode penelitian sosial.

MATERI (GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN)
1) Sejarah dan konsep dasar sosiologi meliputi kajian: sejarah dan lahirnya sosiologi, pengertian dan konsep dasar sosiologi, objek kajian sosiologi, berbagai kajian masyarakat (teori sosiologi) mulai dari Auguste Comte dan sesudahnya (Basrowi, 2004; Ritzer and Smart, 2001; Waters, 1994; Soekanto, 1990).
2) Sosiologi mikro, meso, dan makro meliputi kajian: konsep dasar masing-masing kajian, batasan dan peta kajian wilayah, perbedaan diantaranya, kesaman diantaranya (Sunarto, 1985; Ritzer, 1988; Sanderson, 1995).
3) Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan meliputi kajian: perkembangan sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, manfaat sosiologi bagi suatu solusi permasalahan sosial (Basrowi, 2004; Soekanto, 1990; Waters, 1994; Ritzer, 1988; Ritzer and Smart, 2001).
4) Individu dan masyarakat meliputi kajian: konsep individu dan masyarakat, beberapa ciri masyarakat, dan masyarakat Indonesia yang bhineka-tunggal-ika (Basrowi, 2004; Soekanto, 1990; Ritzer, 1988)
5) Kelompok sosial meliputi kajian: konsep dasar, beberapa tipe kelompok sosial, masyarakat perkotaan dan perdesaan (Basrowi, 2004; Soekanto, 1990; Sanderson, 1995)
6) Stratifikasi sosial meliputi kajian: konsep dasar, berbagai lapisan masyarakat, beberapa unsur lapisan masyarakat, mobilitas sosial, dan struktur sosial (Soekanto, 1990; Sanderson, 1995)
7) Lembaga sosial meliputi kajian: konsep dasar, latar belakang dan terjadinya lembaga sosial, beberapa ciri lembaga masyarakat, beberapa tipe dan cara mempelajari lembaga masyarakat (Basrowi, 2004; Soekanto, 1990; Sanderson, 1995)
8) Sistem sosial meliputi kajian: konsep dasar, beberapa ciri sistem sosial dan penggunaannya, fungsi sistem sosial (Soekanto, 1990; Ritzer, 1988, Sanderson, 1995)
9) Proses sosial meliputi kajian: konsep dasar, tindakan sosial, dan interaksi sosial (Basrowi, 2004; Soekanto, 1990; Ritzer, 1988, Sanderson, 1995)
10) Perubahan sosial meliputi kajian: konsep dasar, ruang lingkup, perubahan sosial dan perubahan kebudayaan, berbagai faktor penyebab dan yang mempengaruhi perubahan sosial, berbagai bentuk perubahan sosial, proses perubahan sosial-budaya (Fatchan, 2004; Lauer, 1988; Soekanto, 1990; Ritzer, 1988, Sanderson, 1995)
11) Kebudayaan dalam kajian sosial meliputi kajian: konsep dasar, unsur pokok kebudayaan, hakikat dan wujud kebudayaan, fungsi kebudayaan bagi masyarakat, sistem budaya dan sistem sosial, norma/nilai dan sistem nilai sosial-budaya, perubahan kebudayaan, kebudayaan-manusia-dan masyarakat (Fatchan, 2004; Soekanto, 1990; Ritzer, 1988, Sanderson, 1995)
12) Pembangunan dan modernisasi meliputi kajian: konsep dasar; syarat modernisasi; Modernisasi, westerinisasi, dan skularisasi; Moderinisasi dan pembangunan; Modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi; Modernisasi di Indonesia (Fatchan, 2004; Basrowi, 2004; Soekanto, 1990; Ritzer, 1988, Sanderson, 1995)
13) Paradigma ganda dalam ilmu sosiologi meliputi kajian: Pemahaman masyarakat dengan Paradigma Fakta Sosial; Pemahaman masyarakat dengan Paradigma Difinisi Sosial; Pemahaman masyarakat dengan Paradigma Perilaku Sosial (Ritzer, 1992)
14) Metode penelitian sosial meliputi kajian: berfikir ilmiah dan alamiah serta pola berfikir deduksi dan induksi, beberapa unsur dalam proses ilmiah, proposal penelitian ilmiah dan komponen pokoknya, membuat laporan penelitian dan penulisan jurnal ilmiah (Fatchan, 2005; Wallace, 1994; Ritzer, 1992)

STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi pembelajaran dilakukan dengan teknik/metode: ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok, tugas/tes individu, presentasi dan diskusi di dalam kelas secara kelompok. Presentasi di dalam kelas dengan menggunakan ceramah dan tanya-jawab yang difasilitatori oleh Dosen. Strategi pembelajaran ini digunakan sebagai penghantar pemahaman siswa terhadap materi, konsep dasar, dan berbagai issu sosiologi.

Presentasi Dalam Kelas (Ceramah Dan Diskusi Kelas)
Presentasi di dalam kelas berupa penyampaian materi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Presentasi diawali dengan penyampaian garis besar beberapa materi yang kompeten atau dianggap penting dengan menggunakan alat batu visual atau audiovisual. Selanjutnya, diselingi dan atau diteruskan dengan penggunaan teknik tanya-jawab secara klasikal, sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi dua arah antara fasiltator dan peserta didik.

Materi Diskusi Kelompok
--------------------------------------------------------------------
Nomer Kelompok Topik Diskusi
--------------------------------------------------------------------
1. I Individu dan masyarakat
2. II Kelompok sosial dan kehidupan masyarakat
3. III Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa: Ciri dan tipenya
4. IV Lembaga kemasyarakatan
5. V Kebudayaan dan Masyarakat
6. VI Lapisan Masyarakat (Stratifikasi Sosial)
7. VII Proses sosial dan interaksi sosial
8. VIII Beberapa kasus atau issu tentang perubahan sosial di
Indonesia
9. IX Modernisasi dan Pembangunan di Indonesia
10 X Masyarakat Indonesia yang multi sosial-budaya; tantangan
dan harapan serta potensinya bagi pembangunan
---------------------------------------------------------------------------

Satu topik dibuatkan suatu tulisan/naskah "karya ilmiah" oleh sekelompok mahasiswa. Setiap kelompok 2 orang atau lebih. Panjang naskah kurang lebih sebanyak 10-15 halaman, sumber kajian pustaka (buku teks/jurnal/skripsi/hasil penelitian lainnya) harus disebutkan. Tulisan karya ilmiah tersebut disusun atas dasar kaidah penulisah karya ilmiah pada umumnya (lihat pedoman penulisan karya ilmiah/skripsi/tesis/desertasi yang dikelurakan oleh UM-Malang). Hasilnya didiskusikan di depan kelas pada setiap kali pertemuan yang dipertahankan dan dipertanggungjawabkan oleh semua anggota kelompok. Setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua yang dipilih sendiri oleh mahasiswa ybs. Literatur yang dipakai sebagai sumber pembuatan naskah"karya ilmiah" bebas, dalam arti boleh menggunakan bukunya siapa saja.

EVALUASI
Evaluasi hasil belajar dilakukan secara on going process, meliputi pengamatan dan penelitain semua aktivitas dan hasil karya mahasiswa selama mengikuti perkuliahan. Berbagai aktivitas dan hasil karya itu meliputi: aktivitas tanya-jawab, aktivitas diskusi kelompok, laporan tugas individu yang diberikan secara insidental (minimal tiga kali dalam satu semester), laporan tugas kelompok, hasil tulisan karya ilmiah kelompok, dan hasil pembuatan karya ilmiah/jurnal individu pada waktu akhir perkuliahan.


DAFTAR BACAAN
Basrowi, Muhamad, 2004, Memahami Sosiologi, Lutfansah Mediatama, Surabaya
Fatchan, Ach, 2004, Teori-Teori Perubahan Sosial, Yayasan Kampusina, Surabaya.
Fatchan, Ach, 2005, Konsep dan Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Sosial, Laboraturium Geografi-PPS-UM, Malang
Lauer, Robert, 1988, Perspektif tentang Perubahan Sosial, Rineka Cipta, Jakarta
Ritzer, George and Barry Smart, 2001, Handbook of Social theory, Sage Publications, London.
Ritzer, George, 1988, Sociological Theory, The Mac-Graw-Hill Compenies Inc, New York.
Ritzer, George, 1992, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Rajawali Press-Allyn and Bacon Inc, Jakarta-New York
Sanderson, Steven,1995, Sosiologi Makro: Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial, Rajawali Grafindo Persada, Jakarta
Soekanto, Surjono, 1990, Sosiologi Suatu Pengantar, Rajawali Grafindo Persada, Jakarta
Sunarto, Kamanto, 1985, Pengantar Sosiologi: Sebuah Bunga Rampai, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Wallace, Walter L, 1994, Metoda Logika Ilmu Sosial, Bumi Aksara, Jakarta
Waters, Malcolm, 1994, Modern Sociological Theory, Sage Publications, London.






Malang, Januari 2009
Dosen Pembina Matakuliah

Tidak ada komentar: